Materi Praktik Prakarya: Membuat Es Campur Simple Fast

Materi Praktik Prakarya: Membuat Es Campur Simple Fast| Pernah nyobain es campur? Bagaimana rasanya? Pasti kalian sudah pernah merasakan bagaimana enaknya es campur tersebut. Dijamin wueeenak tenan tentunya. Nah sekarang pada praktik prakarya kali ini kita akan belajar membuat es campur. Namanya es campur simple fast. Kenapa dikasih nama seperti itu, karena es campur yang akan kita buat tidak ribet dan cepat pembuatannya.
Materi Praktik Prakarya: Membuat Es Campur Simple Fast
Materi Praktik Prakarya: Membuat Es Campur Simple Fast

Kita gak perlu daftar menu dengan aturan dan takaran tertentu. Cukup pake insting. Kalo kurang manis tambahin gula. Kalau kemanisan tambahin air. Gitu saja, simple kan?

Walaupun simple, tetep kudu ada yang namanya bahan pokok. Nah bahan pokok yang harus kalian siapkan untuk membuat es campur ini, tentu harus ada aneka buah, dan bahan-bahan campuran lainnya. Lengkapnya nih dibawah ini:

Bahan pokok yang harus kalian siapkan:
  1. Aneka buah,  kalau bisa jenis buah ini harus ada: melon, anggur, pier, kiwi, apel, pepaya, kelapa muda, buah naga, stroberi, avocado, dan jenis buah lainnya yang menurut kamu bisa menambah rame dan tentu menambah rasa.
  2. Cincau item, atau cincau lainnya, cendol juga bisa. Atau bisa pake agar-agar campur maizena.
  3. Selasih, biar lebih menarik saja
  4. Air gula (cara bikin air gula, gula dicampur air panas sampai mencair)
  5. Susu cair, kalo bisa susu cair yang spesial buat masak. Susu jenis ini kadar manisnya tidak terlalu kuat.
  6. Biar lebih berwarna dan menggugah selera, tambahkan sirup rasa buah atau rasa jeruk, ini buat pewarna dan penambah cita rasa buah saja.
Cara buatnya:
  1. Potong-potong semua aneka buah yang sudah dicuci terlebih dahulu tentunya. Potong-potong kecil saja. Kemudian setelah dipotong-potong, masukan kedalam satu tempat, misalnya baskom atau ember kek hehheh...
  2. Tuangkan air yang sudah dimasak kedalam wadah buah tadi, jangan terlalu banyak airnya, kira-kira saja, buahnya kelelep tidak. 
  3. Tuangkan air gula, dikit-dikit dulu. Sambil dicobain, manisnya sudah cukup atau belum. 
Penyajian:
  1. Masukan buah yang sudah dicampur-campur pada proses pembuatan diatas kedalam gelas dengan size lumayan. Seperti yang sering kita lihat di tukang es buah lah. Atau bisa juga pake mangkok...
  2. Masukan potongan batu es kedalam gelas atau mangkok tadi, secukupnya saja, atau biar menarik kalain bisa membuat serutan es, jangan sampe luber ya..
  3. Masukan potongan cendol dan agar-agar sedikit saja
  4. Tuangkan sirup rasa jeruk sedikit saja, 
  5. Tuangkan susu secukupnya
  6. Kalau mau pake garnis, cukup taro potongan stroberi diatas es buah tadi

Kalau mau lebih enak dan tampilannya menarik lagi, kalian bisa berekspreimen dengan aneka buah dan campuran lainnya. Misalnya dengan campuran tape, atau es krim dan keju. Silahkan saja bereksperimen, tapi ingat yang lebih penting cobain dulu rasanya, enak apa aneh, jangan sampai ditambahin macam-macam tapi malah membuat rasa dari es campur tersebut jadi aneh.

Bagaimana gampang kan membuat es campur itu? Gampang banget, orang tinggal campur-campur doang. Cuma kalo dalam pelajaran prakarya ini, kalian dituntut untuk mampu membuat sebuah produk jual. Jadinya kalian perlu memanajerial proses pembuatan es campur tersebut, dari mulai persiapan modal, bahan, penyajian sampai analisis pasar. Jadi kalian mesti menghitung modal, harga, dan sebagaianya...

Previous Post Next Post